Save Palestina

Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Putra Garut

Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Putra Garut - Ternyata di Indonesia masih ada pendekar silat yang tetap mempertahankan budaya seni beladiri Pencak Silat, salah satunya adalah seorang pendekar silat yang cukup tersohor yaitu bapak Eme Suganda yang berasal dari kota dodol Garut. pada waktu diwawancarai oleh tim SCTV, Abah Eme (nama panggilannya) beliau tidak mau dikatakan sebagai guru besar atau pendekar silat. karena baginya tidak ada guru besar selain Nabi Muhammad Saw. Bapak Eme (Abah Eme) mempunyai padepokan pencak silat yang yang cukup terkenal di jawa barat yaitu "Paguron Pencak Silat Sinar Pusaka Putra Garut". Perguruan Pencak Silat yang dipimpin oleh Bapak Eme ini mempunyai ribuan murid yang datang dari seluruh wilayah Garut.

Abah Eme Suganda
Pendekar Silat Yang Tidak Mau Dipanggil Pendekar

Tidak hanya itu ternyata banyak murid Abah Eme yang mempunyai prestasi yang patut dibanggakan, diantara muridnya sering mengikuti lomba pencak silat atau "Pasanggiri" tingkat nasional bahkan tingkat internasional. Perguruan Pencak Silat yang dipimpin Abah Eme ini telah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari berbagai even pekan olahraga maupun lomba pencak silat kelas nasional.

Maka tidak heran kalau Abah Eme cukup terkenal dijawa barat, bahkan ada juga orang luar negeri seperti dari Belanda dan Ingris datang ke Indonesia hanya untuk belajar beladiri pencak silat kepada Abah Eme.

Sosok Abah Eme sangat disantuni oleh muridnya maupun masyarakat setempat, karena walaupun beliau seorang pendekar silat yang cukup terkenal, beliau selalu bersikap ramah kepada siapapun termasuk tamu dan muridnya.Tidak ada kesan sombong atau terlihat sebagai pendekar, kehidupan sehari harinya tidak ada yang berbeda dengan masyarakat yang lainnya.



Namun sayang pemerintah setempat tidak memperhatikan sosok Abah Eme, padahal beliau layak dan patut diacungkan jempol, karena telah banyak berjasa kepada negara dengan menyumbangkan prestasi yang telah mengharumkan nama baik Negara Indonesia dibidang seni beladiri pencak silat.



Dalam darahnya telah mengalir seni beladiri pencak silat dan sampai kapanpun beliau akan selalu menjaga budaya pencak silat dijawa barat. Maka seharusnya pemerintah setempat malu tidak memperhatikan kondisi bapak Eme Suganda pada saat ini. beliau tidak pernah memungut atau mewajibkan muridnya untuk membayar, Beliau selalu ikhlas untuk tetap memberikan ilmunya kepada murid murid walaupun tanpa bayaran sepeserpun.

Pendapatan Bapak Eme Suganda hanya didapat dari sekolah sekolah yang mengundangnya untuk melatih siswa belajar pencak silat, dan beliau hanya mengandalkan menjual pakaian silat kepada muridnya dengan keuntungan yang bisa dikatakan sangat sedikit, tetapi beliau selalu tersenyum dan tidak pernah mengeluh dengan kondisi dan keadaannya saaat ini.

Pada umurnya yang sudah cukup tua Abah Eme masih tetap berkeinginan melanjutkan perjuangannya untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia. Mudah mudahan pemerintah setempat dibukakan hatinya untuk sedikit memperhatikan seorang pendekar silat Abah Eme Suganda yang telah cukup banyak berjasa terhadap Bangsa dan Negara Indonesia.

Ditulis Oleh : Yudus | Media Sharing Sundaboy

Sahabat sedang membaca tulisan Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Putra Garut. Yang ditulis oleh Sundaboy Calmz. Apabila sahabat ingin menyebar luaskan artikel ini untuk kepentingan umum, dimohon untuk menyertakan Link sumber dibawah ini. Untuk Kritik dan sarannya sahabat bisa mengirimkan pada kotak komentar dibawah, atau melalui email sundaboy88@gmail.com. tengkyu

4 comments:

  1. salam kenal dari PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATAI

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum...alamat tepatna d mana kang??

    ReplyDelete
  3. tolong dong uraikan sejarah singkat asal mula berdirinya paguron sinar pusaka putra garut, siapa tau ada hubungannya dengan pusaka wargi budaya mekar

    ReplyDelete

=================================
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content
=================================