KAWAH PAPANDAYAN

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan


Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia, karena pada bulan Ramadhan Allah Swt telah memerintahkan kepada seluruh umat islam untuk melaksanakan Puasa selama satu bulan lamanya, sebagaimana firman Allah Swt pada surat Al-baqoroh ayat 183 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya :
Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S al-Baqoroh:183).

Ayat diatas menegaskan bahwa Allah swt telah mewajibkan berpuasa kepada umat islam di seluruh dunia, sebagaimana allah telah mewajibkan juga kepada orang orang sebelumnya, agar supaya kita bertaqwa. 

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling baik dibanding seribu bulan, karena pada Bulan Suci Ramadhan terdapat keutamaan keutamaan bagi umat islam, Pada bulan ramadhan amal apapun yang kita lakukan maka Allah swt akan melipat gandakannya.

Dan diantara keutamaan bulan suci ramadhan sebagai berikut :

1. Bulan Yang di Penuhi Dengan Keberkahan
Rosullulah Saw telah bersabda :
“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).

Keberkahan bisa didapat oleh siapapun yang benar benar menginginkannya dengan jalan kebaikan dan melaksanakan perintah Allah swt. Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang membuka kesempatan kepada orang orang yang suka berbuat maksiat untuk bertaubat karena telah dijelaskan pada bulan tersebut allah akan membuka pintu surga selebar lebarnya dan menutup pintu neraka serapat rapatnya, dengan artian bahwa allah swt akan memberikan rahmat dan ampunan kepada siapa saja yang memohon ampunan pada bulan suci ramadhan.

2. Diturunkannya Al-Qur'an ( Nuzulul Qur'an)
Allah Swt Berfirman dalam surat Al-baqoroh ayat 185
“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Kitab suci Alqur'an yang selalu kita jadikan pedoman hidup ini Allah Swt menurunkannya pada bulan suci ramadhan.

3. Allah Swt Akan Melipat Gandakan Amal Sholeh Pada Bulan Ramadhan
Rosullullah Saw telah bersabda pada khutbah akhir sya'ban :
“Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).

Hadist diatas menerangkan, bahwa semua amal apapun yang kita lakukan pada bulan suci ramadhan akan dilipat gandakan setara dengan 70 kali lipat.  

4. Bulan Penuh Dengan Pengampunan
Rosullullah Saw bersabda :
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)

“Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)]

Hadist diatas menerangkan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang paling tepat untuk melakukan taubat, dan dosa dosa kita yang telah lampau akan dihapus oleh allah swt apabila kita melakukan puasa di bulan ramadhan dengan keimanan dan ihtisab serta berusaha menjauhi kemaksiatan untuk mendapat rahmat dari allah Swt.

5. Dibukanya Pintu Surga
Rosullullah Saw Bersabda :
“Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)

Hadist diatas menerangkan bahwa pada bulan suci Ramadhan, Allah Swt akan membuka pintu surga selebar lebarnya bagi mereka yang melaksanakan puasa dengan penuh keimanan, dan menutup pintu neraka bagi orang orang yang beriman dan melakukan puasa pada bulan suci ramadhan.

6. Malam Lailatul Qadar
Allah Swt Berfirman :
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Firman Allah swt diatas memberitahukan kepada kita bahwasannya Alqur'an diturunkan pada malam lailatul qadar, dan pada malam lailatul qadar terdapat kemuliaan yang lebih baik daripada seribu bulan. Orang islam menyakini bahwa malam lailatur qodar tersebut berada diantara 10 hari terakhir bulan suci ramadhan, oleh karena itu banyak sekali orang orang yang ingin mendapatkan malam lailatul qadar tersebut.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan - Itulah beberapa Keutamaan Bulan Suci Ramadhan yang dapat saya sampaikan, mudah mudahan pada bulan ramadhan kali ini kita bisa meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah Swt dengan cara berbuat baik, memperbanyak amal ibadah, dan memohon ampunan kepada Allah Swt. dan mudah mudaha kita selalu termasuk dari golongan orang orang yang beriman. Amin Ya Robbal Alamin.

Ditulis Oleh : Yudus | Media Sharing Sundaboy

Sahabat sedang membaca tulisan Keutamaan Bulan Suci Ramadhan. Yang ditulis oleh sundaboy Grt. Apabila sahabat ingin menyebar luaskan artikel ini untuk kepentingan umum, dimohon untuk menyertakan Link sumber dibawah ini. Untuk Kritik dan sarannya sahabat bisa mengirimkan pada kotak komentar dibawah, atau melalui email sundaboy88@gmail.com. tengkyu

0 komentar — Klick Untuk Berkomentar

Poskan Komentar Atau Kembali Ke Atas


Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat

=================================
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content
=================================